Secara virtual Pemkab Bogor bersama Forkopimda ikuti Peringatan Upacara Harlah Pancasila 2022 NTT

28

Kab. Bogor – Secara virtual Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dipimpin Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut mengikuti peringatan upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila tahun 2022 tingkat nasional dengan mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Adapun, pelaksanaan upacara Harlah Pancasila Pemkab Bogor dilangsungkan di Ruang Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor, Cibinong, rabu (1/6/22).

Presiden Jokowi dengan mengenakan pakaian adat Ende bernama Ragi Lambu Luka Lesu memimpin langsung upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi dalam amanat pidatonya menyampaikan, hari ini tanggal 1 Juni, kita peringati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, NTT. Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, sang proklamator, bapak pendiri bangsa, merenungkan, merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden menegaskan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

“Bangsa dan negara kita bisa terus berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tegasnya.

Diingatkannya juga, bahwa kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan, serta menjiwai dalam interaksi antar sesama anak bangsa.

Sementara, di Ruang Serbaguna Pemkab Bogor, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama Ketua DPRD Kabupaten Bogor dan Rudy Susmanto serta jajaran Pemkab Bogor nampak kompak turut mengenakan pakaian adat saat mengikuti upacara secara virtual.

Turut hadir pula, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin, Dandim 0621/kab.bogor Letkol. Kav. Gan Gan Rusgandara, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor, Agustian Sunaryo, dan perwakilan Forkopimda lainnya.*Release Diskominfo

Red.B.in

Editor : Anwar