Satpol PP Kota Bogor bentuk Kampung Tertib, ciptakan lingkungan aman dan nyaman

93

Kota Bogor (B.in) – Sebagai upaya turut menciptakan lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor melalui Bidang Pembinaan Masyarakat dan Anggota (PMA) membentuk Kampung Tertib di semua wilayah Kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Kepala Bidang PMA Satpol PP Kota Bogor, Asep Faizal Rahman kepada beritainnews.com di kantornya mengatakan, Kampung Tertib dibentuk sebagai langkah antisipasi terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Bogor No.1 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat Serta Pelindungan Masyarakat.

“Kampung Tertib bertujuan agar terciptanya situasi dan kondisi ideal berkaitan dengan ketertiban lingkungan yang tentunya berdampak pada keamanan dan kenyamanan warga, salah satunya mencegah hal-hal negatif di lingkungan masyarakat, seperti tawuran, narkoba maupun sex bebas dan sebagainya, maka itu langkah langkah persuasif yang kita upayakan,” Ujar Asep, Senin (25/7/22).

Adapun menurut Asep, program Kampung Tertib ini sudah hampir berjalan dua tahun, namun program tersebut sempat terkendala dengan adanya pandemi, dan saat ini sosialisasi mulai gencar kembali dilakukan ke wilayah dengan memberikan pemahaman tentang konsep Kampung Tertib ini, mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan.

“Kita sosialisasikan konsep Kampung Tertib ini melalui pengurus kelurahan, RT, RW, LPM, Karang Taruna, unsur Kepemudaan semuanya yang ada di wilayah dengan membentuk tim Satgas kampung tertib,”Papar Asep.

Untuk pembentukan Satgas Kampung Tertib ini lanjut Dia, terdiri 25 orang yang didalamnya terdiri ketua yang dijabat oleh Sekretaris Kelurahan, lalu wakilnya yakni Ketua LPM di Kelurahan, kemudian sekretarisnya Kasi Pemerintahan Kelurahan serta dibantu pengurus RT, RW dan tokoh masyarakat lainnya.

“Saat ini sudah ada  6 kelurahan yang sudah terbentuk Kampung Tertib, yang ditargetkan per-tahun 6 kampung tertib terbentuk dari 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor, yang tidak menutup kemungkinan akan terbentuk skala yang lebih besar lagi,”Terang Asep.

Sejauh ini lanjut Asep, sosialisasi terus berjalan dan respon masyarakat juga sangat baik, kedepan kata dia Kampung Tertib ini rencananya akan di SK kan oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Asep berharap dengan terbentuknya Kampung Tertib ini di wilayah, maka akan terciptanya suatu kondisi kultur maupun kontur wilayah yang baik dan menjadikan modal dasar yang sangat kuat untuk pengembangan wilayah yang lebih baik.

“Ini akan menjadi suatu modal dasar yang sangat kuat untuk pengembangan wilayah itu sendiri, baik dari inovasi warga maupun lingkungan yang terciptanya stabilitas kondisi sosial ekonomi budaya yang lebih baik,”Pungkasnya.

Red.B.in

Editor: Anwar