Cegah Polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024, Kapolri ajak Pers suarakan persatuan kesatuan

83

Para peserta sedang mengikuti lomba menembak Piala Kapolri 2022 di Depok 

Depok (B.in) – Guna mencegah terjadinya polarisasi atau pertentangan masyarakat pada Pemilu 2024. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak insan pers untuk menyuarakan semangat persatuan dan kesatuan melalui pemberitaan.

“Kita semua mendorong agar yang diutamakan adalah semangat persatuan dan kesatuan, karena kita semua dalam kondisi menghadapi dampak global yang kita harus bersatu, seluruh elemen bangsa harus bersatu, di satu sisi kita masuk dalam situasi kondisi perhelatan politik, sehingga semuanya ini tentu harus menjadi bagian yang kita pikirkan bersama,” kata Kapolri Sigit saat menghadiri kegiatan Lomba Menembak piala Kapolri 2022, di Lapangan Tembak Korps Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu.

Adapun lanjut dia, selain menghadapi pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang tahapannya akan dimulai tanggal 14 Juni, ada juga agenda penting lainnya, diantaranya kegiatan presidensi, Idul Adha, dan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

“Dalam menghadapi itu, semua pihak khususnya TNI, Polri, media massa, dan seluruh komponen masyarakat harus meningkatkan persatuan dan kesatuan,”ujarnya.

Dia mengatakan bahwa TNI-Polri dan media massa selalu terlibat di lapangan, baik itu dalam penanganan COVID-19 dan baru-baru ini mudik Idul Fitri 2022, guna memastikan berjalan dengan baik.

Sementara itu kejuaraan menembak yang diselenggarakan oleh Polri tersebut diikuti oleh perwira tinggi TNI-Polri, insan pers, dan Dewan Pers, merupakan rangkaian menyambut HUT Bhayangkara ke-76, sekaligus juga menjadi sarana meningkatkan soliditas dan sinergi semua pihak.

“Jadi semangat hari ini tentunya kita ingin betul-betul bisa kita glorifikasi menjadi semangat bersama menghadapi event-event yang tadi saya sebutkan, baik event nasional, internasional maupun event perhelatan politik,” ungkapnya.

Sigit berharap semangat soliditas dan sinergi TNI-Polri dan media massa di lapangan dapat dijaga dan menjadi contoh oleh pihak-pihak yang nantinya menjadi pendukung, tim sukses yang turun dalam event politik mendatang.

“Mudah-mudahan kita terus jaga soliditas sinergitas ini dan menjadi contoh bahwa semangat yang kita lakukan hari ini juga kita harapkan bisa diikuti rekan-rekan kita yang akan menjadi peserta kemudian tim pendukung dan tim ikut turun ke dalam event-event politik mendatang. Dan ini adalah pesan dari kita semua,” harap dia.

Lomba menembak tersebut di ikuti 64 wartawan  terdiri dari 21 koordinator liputan (korlip) dan 43 reporter media nasional, selain wartawan, 59 perwira tinggi (pati) Polri turut dalam kejuaraan lomba menembak Kapolri Cup ini.

Kegiatan lomba digelar selama dua hari, dari tanggal 10 hingga 11 Juni, di Lapangan Tembak Hogeng Imam Santoso, Korps Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Selain lomba menembak, rangkaian HUT Bhayangkara ke-76 ini juga, digelar kegiatan lainnya, yakni donor darah, bakti sosial, menyediakan pengobatan gratis, khitanan massal, Festival Musik Bhayangkara, lomba kesenian bertajuk ‘Nusantara Gemilang’ seperti tarian nusantara, grup vokal, performing art, dan unsur kreativitas lainnya.

Kreativitas lainnya meliputi lomba Tiga Pilar sekali, lomba Film Pendek bertema ’Setapak Perubahan Polri’, lomba Foto Bhayangkara, lomba iklan layanan masyarakat yang puncaknya, hingga acara lainnya yang dilakukan di seluruh jajaran kepolisian di Indonesia.

Red.B.in                                              (Rid)

Editor : Anwar